Apa itu Bitcoin?


Tanggal publikasi: May 21, 2013

bitcoin

Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda.

Bitcoin sebagai mata uang memiliki fitur sebagai berikut:

  1. Transfer instant secara peer to peer.
  2. Transfer ke mana saja
  3. Biaya transfer sangat kecil.
  4. Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
  5. Transaksi bitcoin bersifat anonim.
  6. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
  7. Jumlahnya terbatas

Anda bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setelah menginstall wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address. Untuk transfer bitcoin sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim.

Lalu Anda mungkin bertanya, kalau tidak ada bank atau perusahaan yang mengelola seperti halnya paypal atau egold, lalu data keuangan disimpan di mana? Jawabannya, di komputer Anda sendiri (dalam wallet) dan jaringan peer to peer di seluruh dunia. Uang bitcoin tersimpan di komputer Anda di dalam wallet. Jika komputer rusak sama saja uang bitcoin Anda hilang, jadi wallet bitcoin harus di-backup secara berkala ke beberapa device. Ketika melakukan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan.

Kenapa orang mulai beramai-ramai membeli dan menggunakan bitcoin?

Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korup dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi, sehingga keputusan-keputusan finansial selalu berpihak kepada konglomerat belaka.

Konsep ini menarik bagi banyak orang terutama para geek di dunia IT. Mereka mulai menginvestasikan aset mereka dalam bentuk bitcoin, sementara itu perekonomian dunia semakin labil terbukti dengan adanya krisis perbankan Amerika dan Eropa. Bitcoin dipercayai akan menjadi mata uang dan komoditas universal sehingga harga akan terus melambung tinggi. Dan ini terbukti, lihat tahun ini saja (Januari 2013) 1 BTC (satuan mata uang bitcoin) diperjualbelikan dengan harga kisaran 13 USD, sedangkan sekarang (Mei 2013) 1 BTC diapresiasi dengan nilai 120 USD, ini berarti selama 5 bulan nilai bitcoin telah melambung hampir 10 kali lipat. Sekarang 1 BTC diapresiasi dengan nilai 860 USD (Desember 2013) berarti melambung 66 kali lipat dalam 1 tahun. Jika 2 tahun yang lalu (awal 2011) Anda iseng membeli bitcoin seharga 0.3 USD, saya ucapkan selamat karena menjadi milioner :D

Bitcoin juga memiliki dua fitur yang sangat menarik yaitu sifatnya yang anonim dan biaya transaksi yang sangat rendah (hampir 0). Anda bisa melakukan transaksi tanpa memberikan identitas sama sekali, hal ini dapat menjaga privasi anda ke level yang paling tinggi.

Siapa yang menerbitkan Bitcoin?

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut “mining”. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Apakah Bitcoin Aman?

Anda mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source memungkinkan seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Kenyataannya sistem ini telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan valid.

Sistem bitcoin aman, yang tidak aman adalah pengguna dan money exchanger. Sama seperti password internet banking, hacker bisa dengan mudah mencuri sejumlah uang dari Anda jika komputer terjangkit virus.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Anda dapet mendapatkan bitcoin dengan cara membeli dan mining. Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti bitcoin.co.id (indonesia), mtgox (US & Jepang), dan btcchina.com (China).

Apakah membeli Bitcoin akan menguntungkan?

Pertanyaan ini seperti pertanyaan saham apa yang harus dibeli besok. Tidak ada yang bisa memastikan. Tapi kalau saya lihat dari perkembangan media yang meliput menyebabkan antusiasme akan bitcoin di mana-mana akan menciptakan demand yang sangat tinggi. Saya percaya harga akan terus melambung berkali-kali lipat, saya sendiri mulai menginvestasikan sejumlah uang ke dalam bitcoin. Namun tentunya saya tidak bertanggungjawab terhadap segala kerugian yang seandainya akan dialami pembaca. Nilai kapitalisasi dari bitcoin sekarang adalah sekitar 1.3 Miliar USD atau sekitar 13 Triliun Rupiah 11 Miliar USD atau 130 Triliun Rupiah (updated 14 Desember 2013), padahal ini masih permulaan banyak orang yang belum mengetahui Bitcoin.

Silahkan mempelajari lebih lanjut mengenai Bitcoin:

17 thoughts on “Apa itu Bitcoin?

  1. Eric

    Saya ada beberapa pertanyaan.
    1. Kalo belih bitcoin dimana?
    2 harga jual dan beli berapa?
    3. berapa lama transaksinya?
    4. apakah ada program yang harus di download?
    5. Apakah ada masa kadaluarsa jika tidak di gunakan?

    Terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      1. bitcoin bisa dibeli melalui bitcoin.co.id.
      2. harga jual/beli bisa dilihat di atas website ini. kalau chartnya bisa dilihat di sini: http://bitcoincharts.com/charts/
      3. lamanya transaksi tergantung dari fee yang mau kita bayarkan. jadi ketika kirim BTC bisa memilih pakai fee atau tidak. semakin besar fee-nya, semakin cepat prosesnya. pengalaman saya pakai fee 0.0005 BTC makan waktu sekitar 10 menit.
      4. bisa pakai program wallet, bisa juga pakai web based seperti blockchain.info
      5. tidak ada masa kadaluarsa, seperti emas

      Reply
  2. Arif Setiyono

    Mhn informasinya,
    1. untuk memperoleh Bitcoins gratis salah satunya menggunakan Web dgn rane wktu 1jam atau 30 menit. Untuk hasil perolehan Bitcoins itu sendiri apakah boleh digabung antara dari range wktu 1jam dan 3o menit, kemudian apakah hasil perolehan Bitcoins itu msk scra otomatis ke Wallet yg sy miliki 2. 2. Mhn penjelasan tahapan cara penjualan Bitcoins dr wallet ke Bitcoins.co.id.
    3. Trims…

    Reply
    1. admin Post author

      Untuk website faucet bitcoin gratis, setiap website punya aturan sendiri pak :) Mungkin bisa dilihat aturan setiap website. Untuk menjual ke exchanger bisa melalui wallet yang kami sediakan di dalam website kami saat anda sudah mendaftar

      Reply
  3. alfons

    saya mau nanya gmn cara mining bitcoin, yang saya tau itu ada yang memakai asic miner cuma untuk alat tersebut belum ada di indonesia, dan ada juga yang menggunakan bantuan dari VGA, bisa dijelaskan lebih rinci ga cara yang menggunakan VGA tersebut??

    Reply
    1. admin Post author

      Nanti kami akan buatkan secara lengkap ya pak untuk tutorial-tutorial nya

      Reply
  4. Dannie Herdyawan

    Apakah BitCoin seperti Paypal, mengharuskan kita untuk mempunyai sebuah akun?? Kalau memang iya, dimana saya harus daftar? Persyaratannya apa saja? Apakah BitCoin mengharuskan kita untuk verifikasi layaknya Paypal? Terimakasih…

    Reply
    1. admin Post author

      Bitcoin tidak mempunyai account karena berdasarkan sistem peer to peer. Anda bisa mendaftar di salah satu layanan web wallet yang ada atau menggunakan layanan di https://bitcoin.co.id

      Reply
  5. irwanz

    Kira-kira kapan jumlah bitcoin yg beredar akan mencapai maksimal 21 juta bitcoin sprti yg diutarakan ? Mgkn perlu diberikan informasi buat para calon investor bitcoin sperti saya dan rekan2 lainnya.. Terima Kasih..

    Reply
  6. Dika

    “Jika komputer rusak sama saja uang bitcoin Anda hilang, jadi wallet bitcoin harus di-backup secara berkala ke beberapa device. Ketika melakukan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan”

    Statement diatas yg sangat mengerikan, Pikir 1000x untuk investasi di bitcoin :), komputer rusak dan ga ada backup, habis sudah investasi anda.

    Reply
    1. admin Post author

      Sama dengan dompet uang kertas kita, kalau dompet terbakar atau hilang, uang kertas kita juga hilang kan ?

      Reply
      1. popo

        kok perbandingannya dengan dompet, harusnya kan dengan account bank
        klo di Indonesia ada BPJS yang mengasuransikan simpanan kita di bank, klo bit coin siapa yg asuransi-in klo terjadi sesuatu. Selama sistem tersebut buatan buatan manusia PASTI ada cacatnya (Moga2 sih gak kejadian kayak Titanic)

        Reply
        1. admin Post author

          Saya ralat sedikit, yang menjamin simpanan kita adalah LPS. BPJS adalah asuransi kesehatan.

          Teknologi bitcoin memang cukup baru namun tantangan seperti yang bapak sebutkan sudah mulai ditanggapi serius oleh berbagai kalangan, salah satu pihak sekarang ini sedang membuat sebuah simpanan bitcoin (wallet) yang juga terlindungi oleh asuransi, yaitu circle.com.

          Untuk akun bank sebetulnya sama saja kita perlu memahami bagaimana cara mengamankan akun bank kita terhadap para pencuri. Caranya yaitu dengan menyimpan kartu atm/token internet banking/buku tabungan kita dengan baik. Apabila kartu atm kita hilang dan pencuri bisa mendapatkan nomor PIN, maka mereka dapat menarik uang dari ATM dengan leluasa. Sama seperti apabila token internet banking, username dan password anda dicuri oleh hacker, maka tabungan anda akan kosong dalam sekejap. Begitu pula dengan Bitcoin, pengguna harus tahu cara menyimpan Bitcoin dengan baik yaitu dengan melakukan backup, dan jangan pernah memberitahu password kepada pihak lain.

          Reply
  7. roxy

    bagaimana cara mengendalikan para user atau pengguna bitcoin dalam berurusan masalah perpajakan? serta bagaimana pengawasannya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>